Monday, January 16, 2012

Hidup = Pilihan


Hidup itu  selalu berkaitan dengan pilihan-pilihan, dan pilihan-pilihan itu muncul karena adanya keinginan dari manusia itu tersebut. Contohnya ketika seseorang menginginkan uang untuk biaya hidup nya dan ia bekerja di bank untuk mewujudkan keinginannya tersebut, secara tidak langsung ia telah membuat suatu pilihan dalam hidupnya. Yaitu ia telah memilih untuk bekerja dan memilih untuk bekerja di bank padahal bisa saja ia memilih bekerja di tempat lain yang dapat menghasilkan uang lebih besar.

Kita harus berani dalam mengambil pilihan karena apapun pilihan yang akan kita ambil itu akan berdampak kepada diri kita. jika kita ragu-ragu dalam memilih sebuah pilihan maka kemungkinan kita salah dalam mengambil sebuah pilihan sangatlah besar. sementara jika kita yakin dalam pengambilan sebuah pilihan maka kemungkinan pilihan yang kita ambil itu salah lebih kecil.






Bagaimana caranya kita dapat mengambil pilihan yang benar ? di zaman sekarang seperti saat ini memang agak sulit menentukan mana yang benar dan mana yang salah dikarenakan segala hal saat ini sudah berbalik. apa yang seharusnya kita lakukan malah kita tinggalkan demi sesuatu yang tidak penting. misalnya kita meninggalkan sholat hanya untuk menonton sebuah konser musik. memang disini dikatakan bahwa hidup itu pilihan tetapi dari pilihan yang akan kita pilih kita juga harus dapat untuk memilah mana pilihan yang baik dan mana pilihan yang kurang baik atau salah.

Jangan sampai kita terjerumus kedalam hal hal yang salah dan tidak benar karena kesalahan kita dalam membuat sebuah pilihan. Pilihan yang kita buat adalah tanggung jawab kita sendiri, jangan salahkan orang lain mengenai pilihan yang kita ambil karena kita lah yang memimpin diri kita ini kita lah yang mengendalikannya oleh karena itu kita harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang benar agar tidak salah jalan.

Pilihan yang kita buat harus dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri dan juga bagi orang lain, jangan sampai ada yang dirugikan akibat pilihan yang kita buat. Gunakan lah hidup kita dengan sebaik mungkin tentukan pilihan yang terbaik, ingatlah bahwa  nasib seseorang dapat dirubah dan diperbaiki dengan pilihan yang tepat.

5 comments: